Mengenal Aneka Fungsi Besi Beton

Fungsi Besi Beton Untuk Bangunan

Besi beton merupakan jenis besi yang sudah populer selama bertahun-tahun. Material ini awalnya digunakan sebagai bahan utama konstruksi bangunan. Saat itu, besi beton akhirnya mampu menggantikan baja profil. Besi beton Jakarta terdiri dari 2 jenis yaitu besi beton ulir dan polos. 

Konstruksi Gedung

Besi beton biasanya menjadi rangka utama penyusun struktur konstruksi bangunan mulai dari bangunan sederhana hingga bertingkat. Besi beton memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan tekanan sehingga membuatnya cocok untuk tulang-tulang pembangunan gedung.

Besi beton biasa digunakan bersama dengan kawat bendrat dan besi begel untuk membuat kerangka atau tulang-tulang konstruksi bangunan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa fungsi besi beton tersebut

Infrastruktur

Selain untuk konstruksi gedung, material ini juga dapat digunakan untuk konstruksi terowongan dan jembatan. Jembatan yang berfungsi sebagai penghubung 2 area harus memiliki konstruksi yang kokoh dan mampu menahan beban yang besar saat dilewati. Untuk pembuatan jembatan, besi beton ulir menawarkan nilai yang lebih baik daripada besi beton polos.

Ulir pada besi beton ulir mampu menciptakan bonding atau ikatan yang kuat antar tulangannya. Kehadiran ulir inilah yang juga meningkatkan daya ikat agar mampu menahan gerakan dari batang terhadap beton.

Ciri-ciri Besi Beton

Besi beton yang hadir di pasaran hadir dengan ukuran standar panjang 12 meter. Ukuran besi beton yang sering digunakan untuk pembangunan perumahan dan gedung-gedung biasanya berukuran 6 – 12. Walaupun ukuran standar besi beton sudah ditentukan, saat ini masih banyak besi beton yang ukurannya belum sesuai standar SNI.

Harga besi beton yang tidak sesuai standar ini biasanya lebih murah daripada besi beton SNI. Untuk itu jangan mudah tergiur dengan harga yang murah karena kualitas bangunan dipertaruhkan. Besi beton bersertifikat SNI biasanya memiliki toleransi 0,1 – 0,5 mm. 

Proses Pembuatan Besi Beton

Pembuatan besi beton tergolong cukup rumit karena ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara detail seperti cara pengadukan dan proporsi campuran. Besi beton berasal dari besi billet yang dipanaskan di soaking zone dengan suhu 950-110 derajat Celcius. Setelah itu, billet akan dikupas, disesuaikan ukurannya, dan digiling dengan roller kemudian dibentuk berdasarkan ukuran yang dikehendaki.

besi beton Jakarta telah dikenal memiliki kemampuan menahan daya tekan yang baik. Tetapi perlu dipertimbangkan juga bahwa besi beton performanya tidak terlalu baik ketika berhadapan dengan daya tarik. Oleh sebab itu, diperlukan struktur tulangan tarik untuk konstruksi bangunan.

Selain itu, walaupun biaya penyediaan besi beton tergolong murah, biaya bekisting terhitung besar karena bisa mencapai dua per tiga dari biaya total struktur beton. Tetapi hal ini tentu bukan kendala yang berarti jika dibandingkan dengan kualitas yang akan didapat dari konstruksi yang menggunakan besi beton Jakarta.

0 thoughts on “Mengenal Aneka Fungsi Besi Beton”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *