Mengenal Tentang Registrasi Skincare BPOM

registrasi skincare

Sekarang ini sudah mulai terjadi peningkatan bagi para pemilik usaha yang ingin memulai bisnisnya sendiri, salah satunya adalah bisnis skincare yang sudah merajalela dimana-mana, mau dalam toko online atau offline.

Dan karena itulah, jika kalian adalah salah satunya, kalian harus mendaftarkan produk kalian ke lembaga perizinan bernama registrasi skincare BPOM.

Apa itu BPOM?

Registrasi skincare BPOM yang merupakan kependekan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga yang memiliki tugas yang juga sama dengan European Medicines Agency (EMA) serta Food and Drug Administration (FDA), yang tugas utamanya adalah untuk mengawasi semua peredaran obat-obatan ataupun makanan yang ada di semua wilayah di Indonesia.

Tujuan dari dilakukannya pengawasan lembaga ini terhadap obat-obatan juga makanan adalah agar dapat memastikan semua produk yang diproduksi telah aman untuk dikonsumsi serta tidak merugikan sang konsumennya.

Jadi, ketika membeli produk obat atau makanan, ada bagusnya jika kalian memperhatikan produk yang akan dibeli itu sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Dan juga, kalau kalian adalah sang produsen, cara registrasi skincare bpom pun juga mudah sekali.

Tugas BPOM

Tugas dari lembaga Badan Pengawasan Obat dan Makanan ini sudah diatur dalam Pasal 2 dalam Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2017, diantaranya

  1. Mempunyai tugas  dan wewenang untuk menyelenggarakan tugas pemerintahan dalam sektor pengawasan obat dan juga makanan yang disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku
  2. Obat dan makanan nya terdiri dari beberapa macam jenis, yaitu obat, bahan obat, obat tradisional, narkotika, zat adiktif, prekursor, suplemen kesehatan, skincare, sampai pangan olahan.

Jadi, pada pasal di atas ini bisa disimpulkan jika BPOM adalah lembaga yang bertanggung jawab terhadap presiden terhadap Menteri.

Mengingat registrasi skincare adalah hal yang cukup penting, registrasi skincare bpom nya cukup mudah. Jadi kalian tidak perlu kebingungan saat mendaftarnya.

Fungsi registrasi skincare BPOM

Fungsi utama dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan ini sudah diatur dalam Pasal 3 Peraturan Presiden nomor 80 serta Pasal 4 Peraturan BPOM Nomor 12 Tahun 2018, diantaranya,

  1. Penyusunan serta pelaksanaan dalam kebijakan nasional dalam sektor pengawasan Makanan serta Obat-obatan
  2. Untuk pelaksanaan pengawasan sebelum beredar dan pengawasan selama beredarnya barang tersebut.
  3. Koordinasi untuk pengawasan obat serta makanan terhadap instansi pemerintah.
  4. Penyusunan dan penetapan terhadap norma, standar, prosedur, serta kriteria produk.
  5. Pemberian bimbingan di sektor pengawasan obat serta makanan.

Lebih lanjut lagi, fungsi dari Lembaga BPOM atau Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan ini adalah untuk menyusun sebuah rencana dan program pengawasan obat serta makanan, juga melaksanakan pemeriksaan dengan memakai laboratorium untuk mengetes, menguji serta menilai mutu dari terapetik, psikotropika, narkotika,  zat adiktif, makanan, obat tradisional,  kosmetik, produk komplemen, hingga zat-zat atau bahan-bahan yang memiliki potensi berbahaya yang lainnya.

0 thoughts on “Mengenal Tentang Registrasi Skincare BPOM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *