Mengenal Bondek untuk Atap

ilustrasi atap

Bondek untuk atap sekarang sudah banyak dipakai. Bahan bondek sendiri dapat dipakai untuk pelapis bagian bawah beton cor. Jika kalian ingin memakainya, dibawah ini ada beberapa ringkasan dari bondek untuk atap ini.

Keuntungan memakai Bondek

Ketika memulai proyek skala besar serta terdapat luasan lantai berukuran besar, pemakaian bahan bondek tentu dapat lebih menguntungkan dibanding pemakaian material konvensional misalnya bekisting.

Hal ini karena bondek dapat menghemat waktu pengerjaan, menghemat tenaga, serta biaya pengeluaran.

Bondek juga diketahui banyak dipakai untuk material bekisting tetap juga sebagai tulangan penyangga bawah di struktur lantai bangunan bertingkat. Sedangkan tulangan tumpuan serta susut lebih sering memakai wiremesh karena diketahui lebih praktis.

Cara Memasang

Hal yang dasar dalam metode pemasangan bondek untuk atap adalah prosesnya lebih efektif jika dipasang di arah pendek bentang balok. Karena hal ini bondek disebut untuk pelat satu arah.

Prosesnya pun cukup mudah dilakukan, baik untuk struktur beton ataupun ledia struktur baja. Pemasangan kedua struktur itu tidak jauh beda. 

Berikut adalah langkah-langkah pemasangan yang benar,

  1. Pasang penyangga yang sementara jika dibutuhkan, biasanya produk bondek memiliki standar baik memakai ataupun tidak memakai penyangga.
  2. Letakkan atap bondek tersebut di atas penyangga serta diatas balok sementara. Bondek sendiri dapat menumpu minimal 2.5 cm pada bagian tepi balok.
  3. Lalu pasang endstop di tepi bondek untuk atap untuk melindungi beton dari reruntuhan ataupun tumbuhan struktur pada proses instalasi dilakukan.
  4. Perilaku antar setiap bondek yang sejajar dengan memakai penjepit khusus atap bondek.
  5. Lalu selanjutnya gelar tulangan atas atau wiremesh.
  6. Terakhir, atap bondek tersebut dapat mulai dicor.

Tentang kekuatan bondek ini, cara termudah untuk menghitungnya adalah dengan melihat brosur yang biasanya telah disediakan produsen. Atap bondek bisa dibilang adalah produk pabrik, jadi sudah ada standar tersendirinya.

Harga Bondek

Harga bondek sendiri berbeda-beda tiap model atau ketebalannya. Dan kisaran harga dari bondek ini diantaranya,

  • Bondek tebal 0.65 mm – Rp 104.000
  • Bondek tebal 0.70 mm – Rp 110.000
  • Bondek tebal 0.75 mm – Rp 116.000

0 thoughts on “Mengenal Bondek untuk Atap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *